listening music yuuk..!!!!!!!!!!

cOveR9irL..hahaha

Create Fake Magazine Covers with your own picture at MagMyPic.com
Click here to rate this magazine

Senin, 21 Juli 2008

Tugas ke-4 SP MK Filsafat

“Carilah 5 filosof terkemuka Yunani beserta buah pikiran filsafatnya!”

1. Thales

Menurut Thales, asas pertama yang menjadi asal mula segala sesuatu adalah air. Barangkali penemuannya didasarkan atas kenyataan, bahwa air dapat diamati dalam bentuknya yang bermacam-macam. Air tampak sebagai benda halus (uap), sebagai benda yang cair (air) dan sebagai benda yang keras (es).

2. Anaximandros

Menurut Anaximandros, asas pertama yang menjadi asal mula segala sesuatu adalah to apeiron (yang tak terbatas). Asas pertama ini disebut demikian karena tidak memiliki sifat-sifat benda yang dikenal manusia.

3. Anaximenes

Baginya asas pertama segala sesuatu, dari mana segala sesuatu berasal, adalah udara. Manusia akan mati apabila ia tidak bernafas. Seperti halnya dengan jiwa manusia, demikianlah udara mempersatukan segala sesuatu di dalam jagat raya. Maka udara itulah yang melahirkan segala benda di dalam jagat raya. Hal ini mungkin karena adanya pemadatan dan pengenceran udara. Karena udara memadat maka timbullah secara berturut-turut angin, tanah, dan batu. Sebaliknya karena udara menjadi cair, maka timbullah api. Demikianlah dari udara terjadi anasir-anasir yang membentuk jagat raya dengan segala isinya.

4. Pythagoras

Ada dua hal yang besar sekali pengaruhnya dari Pythagoras,yaitu:

· Suatu ajaran rahasia dengan suatu kepercayaan, bahwa jiwa tidak dapat mati

· Usaha mempelajari ilmu pasti

Pertama-tama diajarkan bahwa jiwa adalah sesuatu yang berdiri sendiri, yang tidak berjasad serta tidak dapat mati. Oleh karena hukumanlah maka jiwa dibelenggu di dalam tubuh. Dengan penyucian (catharsis) orang dapat membebaskan jiwanya dari belenggu tubuhnya, sehingga setelah orang mati jiwanya akan mendapatkan kebahagiaan. Akan tetapi barang siapa tidak menyucikan diri atau penyuciannya kurang, jiwanya akan berpindah ke kehidupan yang lain, sesuai dengan keadaannya, baik berpindah ke binatang, tumbuh-tumbuhan, atau manusia. Penyucian diri terdiri dari melakukan pantangan-pantangan terhadap makanan tertentu. Seperti: daging, kacang, dll.

Menurut Pythagoras, asal segala sesuatu adalah bilangan, yang mewujudkan satu kesatuan.

5. Aristoteles

Hasil karyanya banyak sekali. Akan tetapi sulit menyusun karyanya itu secara sistematis. Berbeda-beda cara orang membagi-bagikannya. Ada yang membaginya atas 8 bagian, yang mengenai: logika, filsafat alam, psikologi, biologi, metafisika, etika, politik, ekonomi, retorika, dan poetika.

Tidak ada komentar: